Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Keamanan Email

Cara Meningkatkan Keamanan EmailDalam dunia digital yang kian hari semakin berkembang saat ini, email merupakan salah satu kebutuhan pokok yang wajib di miliki oleh orang yang gemar melakukan altivitas online. Mengapa ? karena hampir semua kegiatan yang berhubungan dengan internet membutuhkan alamat email. Misalnya untuk membuat akun, berkomentar di blog orang lain, bahkan membuat akun bank sekarang ini juga di perlukan alamat email.

Cara Meningkatkan Keamanan Email

Untuk itulah sebagai pemilik akun, maksudnya akun email. Kita wajib menjaga keamanan email yang di miliki, supaya tak di salah gunakan oleh orang yang tak bertanggung jawab. Jadi sebelum hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi, ada baiknya kita menjaganya sejak sekarang. Adapun beberapa kiat yang bisa sobat terapkan untuk meningkatkan keamanan akun emailnya di antaranya adalah sebagai berikut.


6 Cara Meningkatkan Keamanan Email

Untuk meningkatkan keamanan akun email yang telah kita buat, banyak hal yang bisa di tempuh. Namun dari sekian banyaknya cara yang ada, menurut Admin pribadi hanya beberapa saja yang bisa sobat coba terapkan supaya akun yang kalian miliki tak berpindah tangan ke orang yang punya niat buruk. 

Berikut beberapa cara yang menurut hemat kami sangat efektif dalam meningkatkan keamanan akun email yang bisa kalian coba buktikan.


1. Gunakan Alat Pribadi atau Mode Private

Saat membuat akun email gmail usahakan jangan menggunakan perangkat orang lain. Seperti warnet. Mengapa, karena semua histori penelusuran anda akan tetap tersimpan di pc/ laptop tersebut. Bahayanya lagi, kalau anda lupa untuk logout terlebih dahulu. Hal ini memungkinkan  orang yang menggunakan pc tersebut bisa mengakses akun Anda dengan mudah. Kalau hanya melihat atau menggunakan akun email anda untuk hal-hal baik, tentu saja itu bukan masalah. Akan tetapi kalau ternyata orang tersebut menggunakan akun email kalian untuk hal buruk, kalianlah yang bakal menanggung resikonya.

Kalaupun terpaksa, maka usahakanlah saat membuatnya menggunakan mode private, jadi semua aktivitas yang kalian lakukan tak tersimpan di perangkat tersebut.


2. Gunakan Password Yang Kuat

Buatlah password yang rumit terdiri dari gabungan huruf (Besar & Kecil), angka, serta simbol. Dan upayakanlah sepanjang mungkin, minimal 20 karakter kata-kata.


3. Verifikasi Akun dengan NO HP

Membuat email gmail dengan verifikasi no HP memang sedikit merepotkan, apalagi kalau tujuan kalian membuat banyak akun gmail. Karena itulah hingga saat ini banyak sekali orang-orang yang mencari berbagai cara untuk membuat gmail tanpa verifikasi. Kalau tujuan membuatnya hanya untuk kebutuhan biasa, kalian boleh saja membuat gmail tanpa verifikasi. Akan tetapi, hal ini tidak di anjurkan. 

Mengapa ?

Karena dari sisi keamanan akun gmail yang di buat tanpa verifikasi sangat rentan. Karena itulah jika kalian ingin Meningkatkan Keamanan Email maka sebaiknya buatlah email dengan cara verifikasi nomor HP supaya jauh lebih aman, dan bisa menghindari resiko hilangnya akun.


4. Gunakan Data Profil Asli

Mendaftar menggunakan data pribadi sesuai dengan KTP sangat di anjurkan untuk meningkatkan keamanan akun gmail. Tapi tidak harus juga, kalau kalian engan menggunakan data asli maka solusi terbaiknya catatlah semua data pendaftaran yang sobat input. Supaya nanti jika terjadi suatu masalah dapat dengan mudah di atasi. Karena kalau dulu, seringkali saat proses pemulihan data-data pendaftaran ditanyakan. Jadi dicatat lebih baik sebagai antisipasi kalau-kalau nanti di butuhkan untuk pemulihan.


5. Jangan Asal Buka

Maksudnya supaya akun email kalian aman, saat menerima email dari alamat yang tak jelas atau tidak kalian kenal lebih baik di hiraukan dan hapus secepatnya. Karena seringkali di dalam email dari sumber tak di kenal itu berisi virus yang memungkinkan menyadap semua informasi di komputer kalian. jadi waspadalah.


6. Merubah Password Secara Rutin

Merubah password email secara rutin juga termasuk salah satu langkah untuk mengantispasi akun gmail milik kalian di bajak, sehingga jadi lebih aman.

Itulah 6 langkah mudah cara meningkatkan keamanan email yang bisa kami bagikan. Semoga dengan membaca panduan ini, akun email yang kalian buat (miliki) bisa aman dari tangan usil dan tak di salah gunakan oleh oknum-oknum tertentu. Terima kasih.


Posting Komentar untuk "Cara Meningkatkan Keamanan Email"