Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Membuat Akun Google Mail atau G-Mail Baru

Artikel cara mudah membuat akun google mail atau G-Mail baru ini berisikan tutorial lengkap, langkah demi langkah mendaftar di google. Panduan ini disajikan secara sederhana, sehingga siapapaun anda dapat mempraktekkannya dengan mudah. Yang pastinya, asalkan kawan-kawan mengikutinya dengan seksama tanpa melewatkan satu langkahpun bisa dipastikan berhasil 100%.

Cara Mudah Membuat Akun Google Mail atau G-Mail Baru

Namun sebelum kita masuk kedalam pembahasan utamanya, ada baiknya kita bekenalan dulu dengan gmail. Seperti apa itu gmail, apa kegunaannya, dan kelebihannya dibandingkan tempat membuat akun email gratis lainnya.


Apa itu gmail

Gmail adalah layanan surat elektronik milik Google. Pengguna dapat mengakses Gmail dalam bentuk surat web HTTPS, protokol POP3 atau IMAP4. Gmail diluncurkan dengan sistem undangan dalam bentuk Beta pada 1 April 2004 dan tersedia untuk publik pada 7 Februari 2007 meski masih menyandang status Beta. Bersama seluruh produk Google Apps, layanan ini tidak lagi Beta pada 7 Juli 2009 (Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Gmail). Google mail atau yang lebih di kenal dengan nama gmail merupakan salah satu produk google populer yang banyak digunakan oleh hampir semua pengguna internet diseluruh dunia.


Kegunaan Gmail

Sesuai dengan namanya, fungsi utama akun gmail adalah sebagai media mengirim dan menerima surat secara elektronik (online) melalui internet.


Kelebihan gmail

Gmail memberikan ruang penyimpanan terbesar dibandingkan penyedia email gratis lainnya, kurang lebih sekitar 15 gb dan kemungkinan akan terus bertambah. Dengan kapasitas peyimpanan  yang disediakan ini memungkinkan penguna bisa menyimpan sampai ribuan surat elektronik(email). 

Gmail menyediakan fitur pencarian, sehingga penguna dapat dengan mudah menemukan email masuk yang ingin dibaca.

Tidak hanya dapat mengirim surat secara online, pengguna gmail juga bisa mengirim lampiran pada emailnya hingga 25 MB per email. 

Mudah untuk digunakan, karena menu pada gmail tertata rapi. Serta pengguna diberikan kebebasan untuk mengelompokkan email berdasarkan label tertentu.

Keamanannya jauh lebih terjamin, dan masih banyak kelebihan gmail lainnya, yang bisa sahabat rasakan sendiri setelah menggunakannya.


Langkah/ Cara Terbaru Membuat Akun Gmail

Pertama-tama sebelum masuk kedalam tutorial buat gmail, terlebih dahulu kawan-kawan siapkan satu buah nomor hand phone yang masih aktif. Kalau ngak punya kalian juga bisa pakai nomor saudara, keluarga, atau teman kalian. 

Nomor ini nantinya berfungsi untuk mendapatkan/ Menerima kode verifikasi dari Google dan juga untuk mengantisipasi kehilangan akun. Saran Admin gunakan nomor pribadi, untuk berjaga-jaga, supaya akun yang kita buat jauh lebih aman.

Ok, Admin rasa sahabat sudah siap dan tak sabar untuk mulai membuat gmailnya, berikut langkah-langkahnya beserta gambar panduan supaya kalian jauh lebih gampang untuk praktek dan di jamin 100% berhasil.

Pertama, silakan kalian ketikkan gmail di addres bar browser yang sobat pakai. Atau kalau mau cepat kawan-kawan langsung saja klik tautan berikut.... https://www.google.com/intl/id/gmail/about/#

Setelah kalian berada di halaman utama pembuatan akun, langsung saja klik buat akun. Nanti kalian akan di sajikan form isian seperti gambar di bawah ini. Isi semua data yang di minta sesuai dengan keinginan kalian masing-masing.

Nama depan & belakang : isi dengan nama kalian (bebas)

Nama pengguna : isi dengan alamat email gmail yang sahabat ingin buat. 

Sandi : isi dengan password sesuai selera (usahakan menggunakan minimal 8 karakter dengan kombinasi angka, huruf besar/ kecil, dan simbol supaya lebih aman)

Konfirmasi : masukkan kembali password yang sama dengan kolom isian sandi tadi.

Setelah semua data telah di isi, klik tombol berikutnya. Jika saat kawan-kawan klik, kalian tidak di sajikan form isian lain dan keluar tanda merah di bawah kotak nama pengguna. Itu artinya alamat email yang ingin kalian buat telah di ambil orang lain/ atau sudah terdafar atas nama orang lain. Solusinya coba sahabat rubah alamat email tadi dengan menambahkan beberapa karakter, atau kalian juga bisa memilih alamat yang di rekomendasikan oleh google. Supaya lenih jelas lihat kembali gambar di atas.

Masukkan nomor HP yang telah sobat persiapkan di awal tadi untuk menerima SMS yang berisi kode verifikasi, klik Berikutnya.

Tunggu beberapa saat, sampai kalian menerima SMS yang berisi kode G-******. Lalu masukkan pada kotak yang tersedia. Klik Verifikasi.

Pada form selanjutnya, kawan-kawan cukup menambahkan alamat email pemulihan jika ada. kalau tidak di kosongkan tak masalah. Pilih jenin kelamin, Isi tanggal, bulan dan tahun lahir, jenis kelamin. Kemudian klik selanjutnya.

Pada formulir selanjutnya, kawan-kawan bisa klik lewati atau ya, saya ikut. Kalau Admin lebih memilih klik lewati saja, supaya lebih cepat.

Langkah terakhir, klik tombol saya setuju. Sampai di sini akun gmail Anda sudah jadi dan siap di gunakan. Kalau anda ingin membuat akun gmail tanpa verifikasi, silakan tonton video tutorialnya di bawah ini.

Bagaimana ? mudah dan simple bukan cara mudah membuat akun google mail atau G-Mail baru di atas. Selamat mencoba. Jika ada masalah, ada yang kurang di mengerti, atau ada yang mau kalian tanyakan berkaiatan dengan tutorial membuat gmail di atas, jangan ragu untuk bertanya melalui kotak komentar di bawah, atau kawan-kawan juga bisa menghubungi Admin secara langsung melalui halaman kontak. Terima kasih, semoga sukses dan bermanfaat. 

1 komentar untuk "Cara Mudah Membuat Akun Google Mail atau G-Mail Baru"

  1. maaf ini blog kayanya tidak terurus ya mas,,,barangkali mau di jual, saya suka dengan nama domainnya,,,saya harus hubungi siapa mas ?

    BalasHapus